PROFIL

  • PROFIL YAYASAN PENDIDIKAN PELITA BANGSA
Didasari atas kepedulian dan keprihatinan pada berbagai problema sosial yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya problema pendidikan, yang bukan saja memperihatinkan pada kesejenjangan daya tampung lembaga pendidikan dengan jumlah usia anak sekolah, melainkan keprihatinan yang juga disandarkan pada mencuatnya berbagai problema kenakalan anak dan remaja, yang banyak terindikasi berpangkal pada ketidakmampuan sekolah memberikan pendidikan dan pengajaran yang semestinya, maka kami yang merasa terpanggil dan memiliki kewajiban moral untuk ikut memikirkan persoalan tersebut, terpanggil dan bersepakat untuk memberikan suatu kontribusi positif kepada masyarakat dengan mendirikan sebuah Yayasan Pendidikan yang kami beri nama Yayasan Pendidikan Pelita Bangsa, yang secara yuridis formal terbentuk melalui Akte Notaris Betty Supartrini, SH, tertanggal 17 Pebruari Tahun 2000. 

Sekolah kami saat ini terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pada pertengahan tahun ini kami akan mengembangkan diri dengan membentuk Pusat Pelatihan Berbasis Komputer yang kami namakan Computerbased Training Center (CTC).

Di Sekolah Pelita Bangsa belajar berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan saling menghargai, baik hubungan antar guru dengan siswa atau antar siswa dengan siswa. Sekolah Pelita Bangsa menjadikan belajar bukanlah suatu beban yang terpaksa dilakukan dan membosankan, tetapi belajar merupakan kegiatan mengisi pengalaman hidup yang menyenangkan. Berkunjunglah ke Sekolah kami, untuk merasakan dan mengatakan "Inilah sesungguhnya rumah kedua Anak kami". 

Kehandalan staf pengajar kami pada kompetensi yang dimilikinya dalam menciptakan suasana beajar yang menyenangkan (fun learning) serta mampu mengintegrasikan sejumlah kurikulum dalam satu kesatuan tema (tematik) melalui belajar merupakan bukti lain bahwa Sumber Daya Manusia kami adalah personal handal yang memiliki komitmen dan berempati.


Sekolah PELITA BANGSA adalah sekolah yang menerapkan model dan pendekatan belajar Active Learning, pendekatan belajar yang mendorong siswa berperan active dalam proses pembelajaran, sehingga potensi, minat dan bakat siswa dapat berkembang dengan baik. Pendekatan ini juga menciptakan suasana belajar yang dinamis, menyenangkan dan memotivasi siswa untuk senang belajar sehingga diharapkan prestasi siswa dapat dioptimalkan.
  • VISI & MISI KAMI
Sebagai imajinasi moral dari sesuatu yang ingin kami capai di masa datang, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Bangsa, sesungguhnya dirancang dan disiapkan untuk menjadi sekolah unggulan. Unggulan dalam arti dapat membekali anak didik pengetahuan, keterampilan dan karakter-karakter positif yang bersendikan nilai keagamaan dan nilai sosial budaya masyarakat.
  • TUJUAN KAMI 
Dan karena itu, guna mencapai visi dan misi yang ada, maka dengan berpedoman pada Management Berbasis Sekolah (MBS) dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dilengkapi dan dikembangkan dengan program-program unggulan, YPPB telah merancang dan melaksanakan tujuan program pendidikan yang bertumpu pada dua tujuan utama, yakni:

Education Achievement Oriented atau pencapaian sasaran tujuan akademik, yaitu sasaran program pendidikan yang berkaitan dengan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi oleh peserta didik. Pencapaian sasaran akademik dilakukan dengan menerapkan pendekatan belajar Active Learning dan berpedoman kepada KBK dan kegiatan plus lainnya.

Non-Education Achievement Oriented atau pencapaian sasaran tujuan non-akademik, yaitu sasaran yang berkaitan dengan upaya menggali dan mengembangkan potensi, minat dan bakat peserta didik, serta menanamkan karakter–karakter positif seperti sopan santun, jujur, memiliki rasa percaya diri, kreatif, bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan. Pencapaian sasaran non-akademik ini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan; ekstra kurikuler, outbound, lomba, bakti sosial, field trip, praktek agama, science activity, dan lain-lain.